6 KESALAHAN STRATEGI PEMASARAN DALAM BISNIS

11.08.00

Strategi pemasaran yang baik selain kita juga telah mempelajari banyak cara memasarkan produk kita juga harus bisa mengambil hikmah atau pelajaran dari kesalahan dan kegagalan hal ini supaya kita jangan sampai terjerumus kedalam kesalahan strategi pemasaran yang sama.

Kesalahan strategi marketing memang seringkali tidak disadari oleh pelaku marketing bisnis baik yang online maupun yang ofline di karenakan mereka terlalu tergiur dengan nilai rupiah yang begitu besar ingin mereka dapatkan. Ketahuilah bahwa dalam persaingan strategi pemasaran orang lain akan selalu mencari celah di mana letak kelemahan dan kesalahan serta kekurangan kita. Sedikit saja kita lengah mengontrol apa yang kita lakukan dalam strategi pemasaran produk maka akan memberikan peluang besar bagi pembisnis lain untuk masuk dan kemudian jauh mendahului kita.

Untuk mengetahui kesalahan dalam strategi pemsaran produk bisnis kita ada banyak cara diantaranya dengan banyak belajar dan mengambil hikmah dari kesalahan atau kegagalan orang sebelum kita, itulah sebabnya kita seharusnya lebih banyak mendengarkan kesalahan orang lain setelah itu di iringi dengan mempelajari strategi pemasaran produk yang berhasil agar kesalahan tidak terjadi pada kita dan sekaligus bisa melakukan strategi marketing bisnis dengan benar.
Berikut beberapa kesalahan strategi pemasaran bisnis yang sering terjadi dan harus anda hindari karena sudah mengetahuinya:

Kesalahan pertama :
Sebagai seorang pembisnis anda harus bisa mengontrol atau memanajement keuangan anda dengan baik, banyak para pembisnis yang sebelumnya berhasil lalu kemudian redup karena tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Ketika mendapatkan keuntungan dari bisnis jangan langsung berpikir mau membeli apa atau mau dihabiskan untuk berenang – senang. Bagilah uang dari hasil keunungan menjadi beberapa bagian misalkan : untuk kebutuhan anda, untuk mengembangkan bisnis, untuk memberikan bantuan kepada orang lain dan lain sebagainya. Anda juga bisa mencari tenga ahli keuangan untuk membuat laporan keuangan bisnis agar bisa terkontrol dengan baik antara pengeluaran dengan pemasukan. Mengetahui proses perputaran keuangan bisnis dengan baik akan memberikan dampak baik bagi kelangsungan bisnis anda kedepannya.

Kesalahan kedua:
Strategi pemasaran yang tidak konsisten atau tidak focus, karena sudah begitu banyak strategi marketing di bagikan oleh para penulis dan lain sebagainya anda harus bijak mengambil salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk anda jalankan. Jangan mudah terpengarus dengan cara baru sebelum ada bukti nyata tetaplah focus dengan strategi yang sudah anda susun sebelumnya. Orang besar dan pintar akan lebih mudah di lengserkan oleh orang – orang yang focus dan tidak suka berpindah – pindah strategi pemasaran bisnis.

Kesalahan ketiga :
Banyak menghabiskan waktunya untuk mengerjakan hal – hal yang tidak ada kaitannya dengan bisnis atau tidak ada hubungannya dengan pemasukan keuangan bisnis, bukannya tidak boleh bermain – main tapi anda harus bijak meanajemen waktu kapan saatnya bermain, berlibur dan kapan saatnya anda harus benar – benar focus melakukan hal yang berhubungan dengan peningkatan bisnis.

Baca : 21 Strategi Pemasaran Online

Kesalahan Ke empat :
Tidak memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan bagi pelanggan atau konsumen bisnis, penting sekali untuk mempelajari bagaimana caranya melakukan pelayanan yang baik kepada pelanggan, baik memberikan hadiah, menanyakan kabar bahkan bila perlu bertamu kerumahnya. Anda juga bisa menyapa mereka lagi setelah membeli produk anda. Lakukan via telpon setelah beberapa hari tanyakan kabar mereka dengan begitu konsumen merasa di perhatikan dan akan bisa loyal dengan bisnis anda.

Kesalahan Ke Lima:
Tidak mau menerima kritikan dan masukan dari konsumen, penting sekali untuk memperhatikan apa yang disampaikan oleh pelanggan bisnis baik berupa kritik dan saran serta testimony mereka. Anda harus pahami bahwa salah satu kekuatan bisnis ada pada testimony pelanggan anda. Pengakuan jujur dari mereka akan mampu memberikan kepercayaan dari konsumen lain yang baru mengenal bisnis anda. Semakin anda bisa menarik testimony dari konsumen maka akan mudah juga anda menarik konsumen baru untuk bisnis anda. Jangan abaikan hal ini.

Kesalahan Ke enam :
Tidak memperhatikan pesing bisnis, persaingan bisnis semakin ketat jika anda terlalu mengabaikan pesaing bisnis atau meremehkan keberadaan mereka yang di bawah anda, karena mungkin mentang – mentang sebagai market leader percayalah bisnis anda lambat laun akan anjlok dan terkejar oleh mereka. Sebagai pembsinis yang professional anda harus juga selalu memantau perkembangan bisnis pesaing agar bisa mengantisipasi keberadaan bisnis anda apakah mau terkejar atau bisa terus maju berada diatas.

Demikian pembahasan seputar 6 kesalahan strategi pemasaran dalam bisnis yang bisa kita sampaikan dalam artikel kali ini, semoga di lain kesempatan masih ada waktu untuk menyampaikan kesalahan – kesalahan strategi pemasaran produk atau bisnis lainnya lagi agar perkembangan bisnis sahabat Lebah Master semua semakin meroket. Salam sukses.

Sumber: lebahmaster.com

You Might Also Like

0 komentar

Ad Banner