Bijak Berinvestasi Sejak Dini

11.27.00


  



Investasi adalah pembelian asset dengan mempertimbangkan keadaan ekonomi di masa sekarang dan masa yang akan datang untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Bila semakin tinggi keuntungan yang diharapkan, maka semakin tinggi pula risiko yang harus dihadapi oleh investor. Sehingga penting bagi para investor untuk bijak menempatkan aset investasi sehingga terhindar dari kerugian.


Investasi asset dapat dikelompokkan dalam dua jenis. Pertama adalah asset riil atau berwujud yang termasuk emas, tanah, properti, hak paten, dan lainnya. Dan kedua adalah asset keuangan atau asset tidak berwujud, yakni instrument pasar uang, saham obligasi, dan reksa dana.

Semakin cepat kita memulai investasi maka keuangan akan semakin terencana dan produktif kedepannya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin sisihkan sebagian dana dari penghasilan untuk memulai investasi sedini mungkin. Berikut tiga jenis investasi yang bisa dilakukan sedini mungkin:

Emas
Menyimpan emas dianggap sebagai salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati dan sejak lama digunakan oleh banyak orang. Selain itu bila kita memiliki keperluan mendadak dan membutuhkan uang, emas dapat dijual tanpa melalui proses yang ribet. Karena emas dapat dijual ke toko emas atau menggadaikannya ke Penggadaian.

Selain itu, berdasarkan Keputusan Dirjen Pajak Nomor 15/Pj/2011, kepemilikan emas tidak dikenakan pajak. Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa emas termasuk dalam komoditi produksi. Beragam investasi emas di antaranya adalah, emas perhiasan, emas batangan, emas koin, sertifikat emas, dan lain sebagainya.

Properti
Nilai investasi properti akan selalu naik mengikuti inflasi. Faktor pendukung penentu naiknya nilai properti adalah lokasinya. Apabila semakin ramai masyarakat yang mendiami lokasi dan didukung dengan kemudahan mengakses fasilitas publik, maka ini akan menjadi nilai plus. Keuntungannya bahkan bisa mencapai nominal yang cukup menggiurkan.

Bidang ini menjadi pilihan bagi anda yang tertarik investasi jangka panjang. Dapat dimulai dengan dengan membeli rumah tinggal, kemudian rumah toko (ruko), rumah sewa, atau tanah kosong.

Saham
Salah satu instrument pasar keuangan yang paling terkenal adalah saham. Saham menjadi pilihan bagi banyak investor karena saham mampu memberikan keuntungan yang menarik. Bila tertarik dengan investasi yang satu ini, ada baiknya untuk mempelajari seluk-beluk saham, agar dapat meminimalisir kerugian.

Bila anda sedang belajar saham, jenis saham dibedakan antara saham biasa dan saham preferen. Saham merupakan instrument yang paling dominan diperdagangkan di Bursa Efek.

Sumber: Jawaban.com


Mau merubah nasib? Join Oriflame hari ini! Dan jadilah sukses bersama kami!
KLIK DI SINI

You Might Also Like

0 komentar

Ad Banner